KISAH DO'A DO'A YANG DIKABULKAN Bag.42








Suami saya sudah hampir satu tahun resign dari tempat kerjanya. Beliau seorang koki. Di tempat kerjanya ada beberapa makanan non halal.. akhirnya memutuskan resign krn tidak sesuai dgn hatinya.. melamar ketempat lain langsung diterima.. hari pertama kerja langsung keluar larangan untuk sholat, terlebih hari itu hari jumat.. saat itu juga suami langsung mengundurkan diri.. ditengah ketiadaan pekerjaan ada anak2 yang masih butuh makan, susu dan popok.. ada istri dan dirinya sendiri yang harus diberi makan.. ada rumah kontrakan yang harus dibayar dengan jumlah yang tidak sedikit.. tapi krn keyakinannya "kalau meninggalkan yang tidak baik demi Allah semata maka Allah akan ganti dengan yg jauh lebih baik" beliau bertekad cari nafkah dengan cara yg lebih halal.. hari trs berjalan, suami ga juga dapat pekerjaan yg sesuai hati nurani.. apa saja dikerjakan asal bisa kasih makan anak istri.. mulai dari antar jemput sampai masak utk orang lain dengan bayaran masakan yang dibuat boleh dilebihkan untuk dibawa pulang.. lalu tiba waktunya untuk bayar rumah kontrakan.. bingung.. ga tau mau pinjam kmn krn logikanya siapa yg mau pinjami kami uang kalau penghasilan saja ga ada.. tiap hari saya dan suami memohon hanya kepada Allah.. menggantungkan harapan hanya kpd Allah.. suami sering bangun malam utk tahajjud untuk meminta jalan keluar krn pilihannya kalau tidak bisa bayar rumah ya harus angkat kaki dari sini.. belum waktunya bayar rumah yang punya rumah terus menerus telpon nanyain uangnya.. denger2 dari tetangga sewa rumahnya juga mau dinaikin.. sudah ga ada uang.. sewa mau dinaikin pula.. pelan2 ikhtiar cari kerja.. cari rumah kontrakan yang lebih murah.. godaan pinjaman tunai terus saja datang ke kami alias riba.. tapi kami bertekad Allah maha kaya.. tinggal minta saja pasti Allah kasih asal perintahnya kami jalanin dan larangannya kami jauhi.. tiba2 pas tanggal 10 januari kmrn mau bayar rumah, tanggal 9 januari nya orang tua saya ada rezeki buat pinjami ke saya.. bayarnya bisa mencicil.. memang hutang tapi buat saya itu jawaban Allah atas semua permohonan saya.. hamba yang selalu lalai sama perintah Nya..lalai saja Allah kasih.. apalagi kalau taat.. disitu saya langsung merasa kecil.. skrg suami kerja ikut orang tua saya.. sementara sampai dapat pekerjaan yang sesuai hati nuraninya lagi.. juga biar ga terus2an memberatkan orang tua.. sudah sering saya mengalami "diberikan saat butuh.. bukan saat ingin" .. dan saya yakin Allah selalu ada buat hambaNya yang mau bersabar.. Aamiin.





Saya nderek (ikut) cerita njih pak Saptu..

Bismillah ....
Saat itu ceritanya saya sedang menuntut ilmu di sebuah pondok pesantren..
Butuh perjuangan untuk bisa berada di pesantren tersebut..berhubung orang tua tidak setuju saya mondok di pesantren tersebut..sebagai konsekuensinya saya harus biaya sendiri..
Setiap hari setelah selesai jam belajar. .disaat santri yg lain pada tidur siang..saya bekerja paruh waktu sebagai ART...

Singkat cerita suatu ketika orangtua meminta saya keluar dari pondok..tapi saya keberatan karena memang masa belajar nya belum selesai...tapi orantua tidak mau tahu..pokoknya ndak boleh mondok lagi..harus keluar hari itu juga..sayapun tetap kekeh masih tetap ingin mondok...akhirnya setelah debat yg cukup lama..akhirnya orangtua setuju saya tetap mondok. .tapi cuma 6 bulan ..setelah itu harus pulang..

Meski berat hati saya terima persyaratan tersebut..
Menjelang habis masa 6 bulan hati saya mulai gelisah..bingung harus gimana..satu sisi sudah terikat perjanjian dg orangtua..tp lain sisi saya masih ingin terus mondok..karena saya merasa tenang hidup disana..saya juga menjadi lebih bisa mendalami agama islam...

Waktu itu bulan romadhon..di suatu waktu ketika sedang bermunajat..saya curahkan seluruh perasaan kepada Robb pemilik alam semesta..saya katakan jika saya sudah lelah hidup sendiri..saya letih selama ini berjuang sendiri..saya butuh teman hidup Ya Alloh..saya berdoa sambil menangis..sambil mengiba...merengek saperti anak kecil...Saya benar - benar pasrah waktu itu..

Setiap malam selama romadhon saya ulang - ulang terus doa tersebut..

Beberapa hari kemudian saya dipanggil ustadz..beliau menyampaikan jika ada santri putra yg siap menikah...

Setelah melewati istikhoroh & proses taaruf yg cukup lama ( 9 bulanan ) & hampir gagal di tengah jalan ...
Alhamdulillah akhirnya sayapun menikah dg nya.

Menikah menjadi pintu solusi bagi masalah hidup yg selama ini saya hadapi..
Beban hidup terasa lebih ringan karena ditanggung berdua..Kalau sebelumnya kan saya apa-apa sendiri. .mikir sendiri..ada masalah dihadapi sendiri..





Pertolongan Allah ketika berusaha Hijrah

Assalamualaikum mas saptu

Saya tahu tentang bahaya riba pertengahan tahun 2016 ketika ada seminar KTR di kota malang. Saat itu jelas masih bergelut dengan riba, walaupun nilainya tidak sampai ratusan juta. Seketika langsung komitmen ...Stop hutang lunasi perlahan2. Awal tahun 2017 berhasil melunasi semua hutang yang berbau riba. Dan ketepatan harus bayar perpanjangan kontrak rumah.entah mengapa selama 2 tahun sebelumnya tiap bayar kontrakan selalu pakai duit riba yaitu gadaikan BPKB dengan tujuan gak ganggu duit lainnya. Tapi karena udah komitment Stop hutang saya gak mau ulangi lagi.

Ketika jatuh tempo kurang 10 saya tetap berikhtiar seperti biasa. Dan fokus doa saya cuma satu 

Allahuma ini audzubika minal ma'tsam wal maghrom 

" Ya Allah aku berlindung dari dosa dan jeratan riba" 

Total pasrah OPO jare Gusti Allah aku manut.

Dalam jangka waktu 10 -15 hari seorang teman senior kerja dulu, minta tolong jualin spare part Mobil dan saya di berikan harga sekian terserah mau di jual berapa. Beberapa hari setelah itu ada email masuk dari sebuah perusahaan kontraktor di Sulawesi dan mereka sedang mencari spare part tersebut, tidak cuma satu tapi 3 item. Ini bikin Tiba2 syok dan deg2 an Karena spare part Mobil Itu cukup langka bahkan di Indonesia pemilik mobil tersebut sangat2 sedikit, tanpa campur tangan Allah semua itu jelas tidak mungkin.

Masalahnya saya harus mencari 2 barang lagi karena barang teman saya hanya satu, dan lagi2 pertolongan Allah menghancurkan logika saya, saya mendapatkan 2 item lainnya dan itu adalah Stock terakhir di toko mereka kkarena mobil sudah termasuk mobil lama.

Alhamdulillah perusahaan setuju dengan harga yang kita tawarkan dan langsung bayar tunai gak pakai DP langsung lunas. Padahal belum pernah ketemu hanya komunikasi lewat telp saja sambil bilang " saya percaya sama bapak"
Berkat pertolongan Allah saya bisa bayar kontrakan dari keuntungan transaksi tersebut tanpa urusan dengan riba.

Dan doa yang di ajarkan nabi Muhammad tersebut terus saya setiap selesai sholat sampai saat ini.

Semoga kita semua senantiasa mendapatkan pertolongan dari Allah dan di beri kemampuan , kesempatan hijrah dari riba.





Assalamualaikum.. 
Bertahun2 saya menjalani hutang riba sejak awal bekerja. Setiap membeli apapun dgn cara kredit, padahal gaji sy di perusahan pertambangan terbilang jauh dr cukup utk membeli cash, namun sayang bagi saya mengeluarkan uang banyak sekaligus utk membeli sesuatu seperti misal gadget model baru hingga tanah dan mobil dgn kredit bank. Selesai kredit ada2 saja yg ingin sy cicil lagi, namun di tahap akhir kredit mobil saya mulai banyak belajar ttg riba dan kenapa sy merasa gaji selalu numpang lewat dgn cicilan dan semakin mengeluh menginginkan gaji lbh besar akhirnya saya pasrah dan berdoa pada Allah kali ini ingin ketenangan lahir bathin menikmati setiap gajian dgn bersyukur tidak dengan mengeluh. Dari hari kehari tekad saya makin bulat utk membereskan smua yg berbau cicilan agar bisa merdeka menikmati gaji full. Alhamdulillah semakin kuat niat walaupun berat dan sakit awalnya saya coba melunasi hutang cicilan, termasuk kartu kredit satu persatu dan alhamdulillah Allah berikan kemudahan dgn memberi rejeki dr jalan lain melalui bisnis sampingan sy dan dapet orderan bertubi2 dan sy inget beberapa kejutan terjadi usah sholat dhuha. Walaupun saya masih dalam tahap berusaha istiqomah dhuha tiap hari (namun masih suka bolong) tp saya merasa Allah ttp menolong saya. Alhamdulillah saat ini smua hutang sy sudah lunas dan lebih bisa bersedekah lebih dr biasanya. Indahnya bebas dr cicilan dan sekarang bisa bebas berfikir bersedekah lbh dgn gaji yg biasa hanya numpang lewat. Alhamdulillah sekarang gaji udah mampir dan singgah alias awet dia Atm. Dimana ada niat pasti ada jalan.. Insya allah.. Yakin setiap niat baik pasti ada jalan. Amin..





Dikabulkannya Doa agar Bebas dari Riba dan Menjadi Pengusaha

Bismillah, Assalamualaikum.
Ingin sedikit berbagi pengalaman

Ceritanya sejak lulus kuliah saya sudah bekerja di bank, karena mungkin pada saat itu pandangan awam saya mengenai dunia perbankan menggambarkan kemapanan dan bergengsinya orang yang bekerja di tempat tersebut dengan pakaian berdasi necisnya. 

Walaupun sebenarnya diawal saya sudah sedikit tahu tentang kontroversi status hukum seorang yang bekerja di bank, entah alasan duniawi atau bisikan syetan yang mana saya akhirnya tetap melamar dan diterima di salah satu bank swasta di solo walau sedikit dengan keraguan.

Seiring berjalannya waktu dengan hati yang diawal memang kurang sreg dengan bekerja di bank, membuat hari-hari di kantor seperti ada beban.

Untuk resign selalu berpikir-pikir karena sudah punya anak dan istri yang harus saya nafkahi. Dengan Doa yang terpanjat tiap hari agar ada jalan keluar bebas dari riba, kemudian sering juga dapat nasehat dari para ustadz, dari sahabat, dari artikel/video terutama mengenai riba dan fitnah akhir zaman yang membuat saya harus memantapkan mengambil sikap diri. 

Akhirnya setelah diskusi panjang dengan istri diputuskan untuk saya beranikan diri mengajukan resign di bank tempat saya bekerja. Sudah 4 tahun saya kerja di bank, selama itu pula ada perasaan dosa yang selalu menyelimuti tiap hari.

Tapi Alhamdulillaah Allah memberikan petunjuk dan keberanian untuk saya keluar dari dunia perbankan.
Dan akhirnya kini Allah benar-benar kabulkan doa dan tunjukkan jalanNya

Sebelum memutuskan untuk resign saya merintis usaha memproduksi celana sarung. Alhamdulillaah dengan tenaga yang baru 5 orang, setiap hari nya orderan tak pernah sepi. Orang yang order pun sudah hampir meliputi kota-kota di Indonesia. Hingga sering tak mampu memenuhi permintaan pasar saking banyaknya. Kini akan mencoba pangsa pasar internasional dan sudah mulai memproduksi busana muslim lainnya.

Semakin yakin, ketika kita memutuskan untuk hijrah karena Allah, maka Allah akan ganti dengan yang lebih baik. Kebaikan itu :
- Bisa jadi dalam bentuk keberkahan rezeki
- bisa jadi ketenangan hati
- bisa jadi semakin mudah taatnya kita beribadah kepada Illahi
- bisa jadi terhindarnya kita dari maksiat-maksiat dan dosa yang sering menggoda diri
- bisa jadi menjadi diri yang semakin bermanfaat di muka bumi

Dan yang pasti kematian tak pernah memberi kabar dimana kapan dan dengan cara apa kita mati. Jangan sampai ketika ajal menjemput kita masih dalam kondisi maksiat diri (riba), entah bagaimana bingungnya kita saat menjawab pertanyaan malaikat kelak. Karena sekecil apapun pilihan hidup kita pasti akan dimintai pertanggungjawaban. Harta dapat darimana, lalu kita gunakan untuk apa. 

Semoga kita semua diberikan kekuatan dan keistiqomahan dalam menjalankan apa yang Allah perintahkan pun juga diberi kekuatan untuk menjauhi yang Allah larang.

Dan akhirnya semoga Allah memberkahi setiap usaha halal kita semoga rezeki yg mengalir menjadi nikmat dan jalan untuk semakin menambah taat. Aamiin


Deny Ariyanto Wibowo
IG : @celanasarungsolo & @rokcelanasolo

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "KISAH DO'A DO'A YANG DIKABULKAN Bag.42"